Presiden Tinjau Lokasi Pasca Gempa di Lombok Timur

//
Comment0

Presiden Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa lokasi di NTB. Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 Oktober 2018 bertujuan untuk meninjau langsung progres pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di Sumbawa Barat dan Belanting Lombok Timur. Kunjungan ini didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah.

Selain meninjau kondisi pascagempa di Belanting Lombok Timur, Presiden turut menyaksikan penandatanganan Surat Perintah Kerja (SPK) Kelompok masyarakat dan aplikator RISHA. Presiden menyampaikan bahwa prosedur pencairan dana bantuan menjadi lebih sederhana. ”Saya sudah bilang ke Pak Gubernur, ada 17 prosedur, rumit sekali. Minggu lalu, saya putuskan memangkas dari 17 prosedur menjadi satu saja. Biar cepat dan sederhana,” jelas Presiden.

Kelompok masyarakat (Pokmas) telah dibentuk disetiap daerah. Dana bantuan tersebut akan disalurkan melalui pokmas disetiap daerah. Setiap pokmas terdiri dari 10-20 Kepala Keluarga (KK). Pembentukan pokmas merupakan bagian pelibatan masyarakat secara gotong royong.

Pembangunan rumah tahan gempa tidak harus menggunakan teknologi RISHA. Hal itu dikarenakan kebutuhan setiap warga berbeda. Pilihan lainnya yaitu Rumah Instan Kayu (RIKA), Rumah Kayu dan_DSC2448 Konvensional (RIKO). Masyarakat bebas memilih teknologi dalam membangun rumah yang terpenting teknologi tersebut tahan gempa. Hal itu untuk mengantisipasi agar kerusakan yang besar akibat gempa bisa diminimalisir.

Di Belanting terdapat dua rumah sedang dalam proses pembangunan menggunakan teknologi RISHA. Presiden meninjau langsung pembangunan rumah tersebut. Presiden menyampaikan pemerintah terus berupaya mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi bersama – sama dengan masyarakat.

Turut mendampingi pula Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin, Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga, dan Ketua Harian Satgas Pelaksana Penanggulangan Bencana PUPR A. Gani Ghazaly saat tinjauan pembangunan RISHA. (Putri)

Leave a Reply