Prinsip-Prinsip Bangunan Tahan Gempa

//
Comment0

Gempa yang mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat pada tanggal 29 Juli 2018 dan 5 Agustus 2018 telah mengakibatkan korban meninggal dan luka-luka serta harta benda yang sangat banyak. Korban meninggal dan luka-luka terutama terjadi akibat tertimpa reruntuhan bangunan baik rumah maupun bangunan umum lainnya.
Dari hasil pengamatan di lapangan pada berbagai kejadian gempa, kerusakan yang terjadi pada bangunan diakibatkan oleh abainya penerapan prinsip-prinsip bangunan tahan gempa di lapangan. Kesalahan yang umum dilakukan adalah terkait dengan abai akan arti pentingnya keberadaan sloof, kolom praktis dan ring balok. Pasti bangunan tersebut roboh bila tidak dipasang sloof, kolom praktis dan ring balok. Berikutnya bila sudah ada struktur sloof kolom dan ring balok, kesalahan yang umum adalah pada detailing, sistem sambungan tulangan sloof, kolom dan balok banyak yang salah karena tidak saling terikat dengan baik, dan yang ketiga mutu bahan yang digunakan banyak yang tidak memenuhi ketentuan SNI.
Dari kejadian tersebut mengindikasikan diperlukannya penerapan prinsip-prinsip teknologi bangunan tahan gempa sesuai dengan standar yang berlaku. Bangunan tahan gempa itu dapat rusak akibat gempa tapi tidak boleh roboh atau setidaknya memberikan waktu yang cukup bagi pengguna/penghuni untuk melakukan evakuasi ke luar bangunan. Secara umum terdapat 3 hal yang harus diperhatikan untuk penerapan bangunan tahan gempa yaitu kesesuaian disain, kesesuaian jenis bahan bahan bangunan dan kesesuaian metoda pelaksanaannya itu sendiri.
Berikut ini secara umum beberapa gambaran prinsip-prinsip bangunan tahan gempa untuk peruntukan rumah satu lantai berdasarkan Permen PUPR No. 5 Tahun 2016.

rangka sturktur bangunan

Gambar 1. Aspek keselamatan dan Rangka Struktur Bangunan

ketentuan pokok dimensi

Gambar 2. Ketentuan Pokok Dimensi Pondasi, Kolom, Sloof (Balok Pengikat) dan Ring Balok (Balok Keliling)

contoh ketentuan sistem sambungan

Gambar 3. Contoh-contoh Ketentuan Sistem Sambungan antar Komponen Bangunan untuk memberikan ikatan yang baik antar satu sama lain

Leave a Reply