Produk Expose Teknologi Bidang Permukiman 2011

//
Comment0

Pada tanggal 29 November 2011 diselenggarakan pula acara Produk Expose Teknologi Bidang Permukiman 2011 di Hotel Sahid Jaya “ Solo dengan target group pelaku UMKM di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta ±200 orang. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Litbang Permukiman, DR. Ir. Anita Firmanti, MT. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan kembali bahwa sebagai lembaga litbang dibawah Badan Litbang Kementerian Pekerjaan Umum, Pusat Litbang Permukiman diarahkan untuk menghasilkan teknologi terapan yang mendukung penyelenggaraan infrastruktur permukiman, termasuk perumahan dan lingkungan, penataan bangunan gedung, bahan bangunan, struktur dan konstruksi, air minum dan sanitasi. Selain menghasilkan teknologi, Pusat Litbang Permukiman juga diberi tanggung jawab untuk memasyarakatkan teknologi hasil litbangnya kepada stakeholders termasuk dunia usaha industri konstruksi. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Surakarta, Suhartono, SH, Msi mewakili Walikota Surakarta.

Sama halnya dengan acara Produk Expose Teknologi Bidang Permukiman 2011 yang digelar di Bandung pada tanggal 25 November. Produk Expose ini menyampaikan 5 teknologi hasil litbang yaitu :

  1. Pembuatan conblock berbasis limbah industri
  2. Pembuatan panel berbasis limbah agro
  3. Pembuatan bambu laminasi
  4. Daur ulang sampah (pengomposan)
  5. Pembuatan dan perakitan komponen risha

Metode penyajiannya dalam bentuk pemaparan dan peragaan/demonstrasi dengan narasumber peneliti dan perekayasa pusat litbang permukiman. Diharapkan dengan adanya acara ini Teknologi Tepat Guna Hasil Litbang dapat dimanfaatkan oleh para UMKM disamping pengembangan daya usahanya.

Leave a Reply