Profil

Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbang Permukiman) merupakan salah satu dari empat pusat litbang di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pekerjaan Umum, yang diarahkan untuk berperan sebagai the techno structure  atau  scientific backbone dalam merumuskan kebijakan penyelenggaraan infrastruktur di bidang permukiman.

Sebagai lembaga litbang, Pustlitbang Permukiman diharapkan mampu menghasilkan teknologi permukiman yang inovatif, aplikatif dan bermanfaat langsung bagi masyarakat melalui program-program litbang yang lebih diarahkan pada litbang terapan (80%), sedangkan selebihnya merupakan sains murni (20%).

Sejak berdirinya di tahun 1953 dengan nama Lembaga Penyelidikan Masalah Bangunan hingga saat ini, Puslitbang Permukinan telah banyak menghasilkan produk litbang berupa teknologi tepat guna serta standar, pedoman dan manual (SPM) bidang permukiman. Dengan produk teknologi terapan yang memiliki pangsa pasar yang luas, memungkinkan lembaga ini juga berperan sebagai katalisator penggerak dunia usaha industri konstruksi bidang permukiman melalui pemanfaatan teknologi hasil litbang.

Untuk terus meningkatkan kemanfaatan sumberdaya litbang dalam menunjang penyelenggaraan infrastruktur permukiman, upaya-upaya peningkatan terus dilakukan melalui program kegiatan yang dikembangkan dalam 3 (tiga) kelompok utama, yaitu: Research and DevelopmentConsulting service dan Education. Dalam hal peningkatan kualitas litbang, upaya dilakukan melalui pengembangan sumber daya manusia dan fasilitas pada balai-balai teknis dan bidang-bidang penunjang.

Profil ini disusun untuk memberikan gambaran tentang organisasi, sumberdaya litbang, produk litbang dan jenis layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka penyelenggaraan infrastruktur permukiman.

Kami ucapkan terima kasih kepada para mitra kerja yang telah mendukung tugas dan fungsi kami dalam mengembangkan Puslitbang Permukiman.