Sumber Daya Manusia

Pusat Litbang Permukiman sebagai instansi pemerintah yang bertugas melaksanakan penelitian dan pengembangan didukung oleh SDM yang berkompeten, berkualitas serta memiliki multi disiplin keilmuan. Total jumlah pegawai Puslitbang Perumahan dan Permukiman yang tercatat sampai dengan bulan Desember 2016 sebanyak 366 orang. Adapun selama tahun 2016, pegawai Puslitbang Perumahan dan Permukiman yang pensiun sebanyak 20 orang, sedang melakukan tugas belajar dalam negeri sebanyak 9 orang dan luar negeri sebanyak 2 orang, serta mengambil cuti di luar tanggungan negara sebanyak 3 orang.

sdm2

Gambar Grafik Jumlah Pegawai di Lingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman

 

Salah satu indikator kualitas SDM berasal dari tingkat pendidikan pegawainya. Pada tahun 2016, Puslitbang Perumahan dan Permukiman memiliki 5 (enam) orang berpendidikan S3 (doktor), 75 orang berpendidikan S2 (master), 130 orang berpendidikan S1/D4, 32 orang berpendidikan D3, dan 122 orang berpendidikan SLTA atau di bawahnya. Berdasarkan komposisi tingkat pendidikan, SDM Puslitbang Perumahan dan Permukiman didominasi pegawai dengan tingkat pendidikan D4/S1 (33%), disusul tingkat pendidikan S2 (32%), SLTA  (21%), SD (4%), SLTP (2%), dan S3 (2%)

sdm_pendidikan2

Gambar Komposisi Pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Menurut Jenjang Pendidikan Tahun 2016

 

sdm_jabfung

Gambar Komposisi Pejabat Fungsional Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman Tahun 2016

 

 

 

Leave a Reply