Prototipe Unit Instalasi Pengolahan Air Sistem Mobile

//
Comment1

ipam

Unit Instalasi Pengolah Air Minum (IPA) sistem mobile yang dapat dipergunakan untuk mengatasi permasalahan air bersih/minum, khususnya untuk daerah-daerah pasca bencana (banjir, letusan gunung merapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor).

Unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) sistem mobile adalah unit untuk mengolah air baku menjadi air bersih/air minum yang memenuhi persyaratan air minum dari Permenkes RI No. 492 Tahun 2010. Unit IPA ini didisain dengan kapasitas 1,5 L/detik (± 1500 orang), unit ini dapat memproduksi 1,3 Liter/detik untuk air bersih/minum kebutuhan masak, mandi dan cuci serta 500 – 1000 L/jam berupa air siap diminum (isi ulang)

Unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) sistem mobile ini ditempatkan diatas chasis/gandengan sehingga mobilitas dari unit IPA dapat mudah untuk dibawa ke lapangan dan atau ketempat yang dikehendaki dengan sistem mobile.

Unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) sistem mobile ini ditempatkan diatas chasis/gandengan sehingga mobilitas dari unit IPA dapat mudah untuk dibawa ke lapangan dan atau ketempat yang dikehendaki dengan sistem mobile.

Untuk mewujudkan disain teknologi unit IPA sistem mobile dibutuhkan 3 (tiga) jenis peralatan yang dibuat menjadi satu kesatuan (assembly) diantaranya :

  1. Chasis/gandengan didisain untuk dudukan unit IPA yang dapat difungsikan sebagai sarana penggerak/mobilitas dan demobilitas unit IPA. Chasis/gandengan ini dilengkapi 6 buah ban dengan peralatan pendukung dongkrak/jack tipe ulir sebanyak 4 unit dengan kemampuan dapat menahan bobot unit IPA pada saat di bawa kelapangan dan atau pada saat dioperasikan.
  2. Unit IPA sistem mobile yang mempunyai kemampuan dapat mengolah air baku dengan karakteristik tertentu menjadi air minum sesuai standar kualitas air dari Menteri Kesehatan RI No. 492/Menkes/Per/IV/2010. Unit IPA sistem Mobile yang di disain dengan ukuran panjang 4.00 meter, x lebar 1.70 m x tinggi 1,70 m.
  3. Kendaraan penarik chasis/gandengan unit IPA sistem mobile menggunakan kendaraan roda empat dan atau enam dengan spesifikasi teknis mampu untuk menarik unit IPA sistem mobile. Kendaraan penarik ini difungsikan sebagai sarana transportasi dan mobilitas unit IPA sistem mobile pada saat dibawa ke lokasi/ke lapangan.

Spesifikasi Teknis

  1. Dimensi Unit IPA
    1. Unit Koagulasi :
      diameter pipa inlet = 1,5 inch
      diameter pipa koagulasi = 2 inch
      panjang pipa koagulasi = 2 m
    2. Unit Flokulasi :
      diameter pipa inlet = 1,5 inch
      panjang pelat = 1,7 m
      lebar pelat = 0,9 m
      tinggi pelat = 1,7 m
      tebal pelat = 5 mm
      jumlah lubang pelat 1 = 28 buah
      pelat 2 = 50 buah
      pelat 3 = 75 buah
      diameter lubang pada pelat = 1 cm
    3. Unit Sedimentasi :
      diameter pipa inlet = 6 inch
      panjang pelat = 1,7 m
      lebar pelat = 1,65 m
      tinggi pelat = 1,7 m
      tebal pelat = 5 mm
      kemiringan pelat setller = 590
      saluran air tinggi 15 cm, lebar 20 cm,
      sudut ambang air 900.
    4. Unit Filtrasi :
      Sistem penyaringan dengan Sand
      Filter + Ultra Filtrasi + Ultra Violet dan
      Ozon plus, sihingga diperoleh air yang
      siap di minum (isi ulang).
  2. Bahan dan Konstruksi
    1. Bahan dan Konstruksi trailler/chasis terbuat dari bahan baja UNP 200 mm dan 150 mm, dan tulangan gandar pembagi terbuat dari dari bahan baja UNP. 100 mm.
    2. Bahan dan konstruksi unit IPA menggunakan bahan pelat baja tebal 5 mm serta bahan perpipaan menggunakan bahan Galvanis (GIP);
    3. Harga pembuatan Unit Instalasi Pengolah Air Minum (IPA) sistem mobile ini sebesar Rp. 496.000.000,-


ipam2

1 Response

Leave a Reply