Puskim Ikut serta dalam Diskusi Cipta Karya & Balitbang Terkait Gerakan 100-0-100

//
Comment1

Puskim bersama dengan Pusat Litbang lainnya ikut serta dalam diskusi yang dilaksanakan oleh Ditjen Cipta Karya dan Badan Litbang Kementerian PUPR terkait Gerakan 100-0-100, pada hari Jumat tanggal 18 November 2016 di ruang rapat Ditjen Cipta Karya. Pertemuan ini dibuka oleh Dirjen Cipta Karya Sri Hartoyo dan Kepala Badan Litbang Danis H. Sumadilaga.

Dirjen Cipta Karya menjelaskan bahwa Indonesia sedang menghadapi tahap baru pembangunan perkotaan sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2015 – 2019 (Perpres Nomor 2 tahun 2015) yang menyebutkan bahwa pembangunan infrastruktur bidang Cipta Karya ditujukan untuk mewujudkaan peningkatan akses penduduk terhadap lingkungan permukiman yang berkualitas, peningkatan akses terhadap sanitasi dan air minum yang layak menjadi 100%, serta mewujudkan kota tanpa permukiman kumuh di Indonesia pada tahun 2019.  

Ditjen Cipta Karya merupakan salah satu dari Stakeholder Teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Kementerian PUPR. Kepala Badan Litbang mengungkapkan bahwa pertemuan ini merupakan satu langkah yang baik untuk mensinergikan program kerja periode 2017 agar bersama – sama dalam mendorong percepatan Gerakan 100-0-100.

Di dalam pertemuan tersebut, setiap Kepala Pusat Litbang termasuk Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Arief Sabaruddin menjelaskan terkait kegiatan – kegiatan yang akan dilakukan, produk Litbang yang sudah ada dan akan diterapkan di masyarakat, serta Pilot Project.

Di akhir pertemuan, Kepala Badan Litbang menambahkan bahwa Pilot Project yang akan dilakukan pada tahun 2017 merupakan teknologi yang mendukung Gerakan 100-0-100.

1 Response

Leave a Reply