Rapat Kaji Ulang SPM Bidang Permukiman

//
Comment0
thumb berita

Standar-standar Nasional Indonesia memuat berbagai peraturan/ standar baku yang digunakan oleh pihak-pihak/ instansi terkait yang saat ini berlaku memiliki masa pakai (jangka waktu) tertentu. Oleh sebab itu setiap setahun sekali perlu dilakukan kaji ulang SNI yang berumur lebih dari 5 tahun guna menjaga kesesuaian SNI terhadap perkembangan IPTEK. Salah satunya adalah SNI Bidang Permukiman. Atas dasar hal tersebut maka rapat kaji ulang SPM Bidang Permukiman tahun 2010 sebagai pengajuan penyusunan SNI tahun anggaran 2011 ke PNPS ini diselenggarakan.Rapat kaji ulang SNI berlangsung di Puslitbang Permukiman pada tanggal 24 Agustus 2010 yang dibuka dengan sambutan Ketua Sub Panitia Teknis Bidang Bahan, Sains, Struktur dan Konstruksi Bangunan, DR. Ir. Anita Firmanti ES., MT dilanjutkan dengan penjelasan tentang latar belakang dan syarat-syarat (proses penyelenggaraan) kaji ulang oleh Sekretaris Sub Panitia Teknis Bidang Bahan, Sains, Struktur dan Konstruksi Bangunan, Ir. Arief Sabaruddin, CES.

Dalam bahasan acara tersebut ditetapkan beberapa SPM Bidang Permukiman yang diharuskan untuk direvisi, diantaranya adalah SPM di bidang struktur beton untuk bangunan gedung yaitu SNI 03-2847-1992 tentang Tata Cara Perencanaan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung dipaparkan oleh  Ir. Silvia Fransisca Herina, MT; SPM di bidang struktur baja untuk bangunan gedung yaitu SNI 03-1729-2001 tentang Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung disampaikan oleh Ir. Djoni Simanta, MT; Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia (PPKI) No. 1961 NI-5, disampaikan oleh DR. Ir. Johannes Adhijoso Tjondro, M. Eng; kemudian SNI 03-6434-2000 tentang Metode Pengujian Fisik Panel Gipsum dan Papan Gipsum dan SNI 03-6384-2000 tentang Spesifikasi Panel atau Papan Gipsum disampaikan oleh Ir. Bambang Sugiharto, MT.
Hasil revisi dari SPM tersebut akan dibahas dalam pengajuan usulan kepada PNPS sebagai kegiatan penyusunan revisi SNI tahun anggaran 2010.

 

Leave a Reply