PNPM MANDIRI (Program Nasional Untuk Penanggulangan Kemiskinan)

PNPM Mandiri adalah suatu program nasional untuk penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. Definisi dari PNPM Mandiri itu sendiri mencakup beberapa hal yaitu:

  1. PNPM Madiri adalah suatu program nasional yang dirancang sebagai dasar kerangka kebijakan dan rujukan implementasi untuk penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem, mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan merangsang pendanaan untuk meningkatkan prakarsa dan inovasi masyarakat dalam usaha penanggulangan kemiskinan secara berkelanjutan.
  2. Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk menciptakan / meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, dalam memecahkan berbagai masalah yang berkaitan untuk meningkatkan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraan. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari pemerintah daerah dan berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan hasil.
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Program PNPM Mandiri adalah:
  1. Tujuan Utama
    Meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri.
  2. Tujuan Khusus:
    • Meningkatkan partisipasi dari seluruh kelompok masyarakat, termasuk masyarakat miskin,  wanita, masyarakat adat dan kelompok masyarakat lainnya yang rentan dan seringkali terabaikan dalam proses pembuatan keputusan dan pengembangan pengaturan.
    • Meningkatkan kapasitas lembaga masyarakat, representatifdan akuntabel.
    • Meningkatkan kapasitas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada khususnya masyarakat miskin melalui kebijakan, program dan penganggaran yang pro-miskin.
    • Meningkatnya sinergi masyarakat, pemerintah daerah, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan kelompok terkait lainnya untuk melakukan upaya yang efektif untuk pengurangan kemiskinan.
    • Meningkatkan keberadaan dan independensi dan kapasitas pemerintah daerah dan kelompok  setempat dalam menanggulangi kemiskinan di wilayah ini.
    • Meningkatnya modal sosial masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi sosial dan budaya, serta untuk melestarikan kearifan lokal.
    • Meningkatkan inovasi dan penggunaan teknologi tepat guna, informasi dan komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat.

Pendekatan

Pendekatan atau upaya-upaya rasional dalam mencapai tujuan program dengan memperhatikan prinsip-prinsip  manajemen berdasarkan pembangunan dengan:

  • Menggunakan kota /  kabupaten sebagai program lokus untuk mengharmonisasikan perencanaan, pelaksanaan dan program pengendalian.
  • Memposisikan masyarakat sebagai penentu / pembuat  keputusan dan pelaku utama pembangunan pada tingkat lokal.
  • Berfokus pada nilai-nilai universal dan budaya lokal dalam proses pembangunan partisipatif.
  • Menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan karakteristik sosial, budaya dan geografis.
  • Melalui proses pemberdayaan untuk pembelajaran, kemandirian dan keberlanjutan.

Ruang Lingkup Program

Ruang lingkup kegiatan PNPM-MANDIRI pada dasarnya terbuka bagi semua kegiatan penanggulangan kemiskinan yang diusulkan dan disepakati masyarakat, termasuk:

  • Penyediaan dan perbaikan infrastruktur / fasilitas lingkungan permukiman, sosial dan tenaga kerja-intensif kegiatan ekonomi.
  • Penyediaan sumber daya keuangan melalui dana bergulir dan kredit mikro untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat miskin. Perhatian yang lebih besar diberikan kepada perempuan untuk mengambil keuntungan dari dana bergulir.
  • Kegiatan yang terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama ditujukan untuk mempercepat pencapaian MDGs.
  • Peningkatan kapasitas masyarakat dan pemerintahan lokal melalui penyadaran kritis, pelatihan ketrampilan bisnis , manajemen organisasi dan keuangan, serta penerapan pemerintahan yang baik.