Rumah Susun Menjadi Topik Rakorla Balitbang PUPR

//
Comment0

Rumah Susun menjadi salah satu topik yang diangkat dalam Rapat Kordinasi Berkala (Rakorla) Badan Litbang Kementerian PUPR pada hari Selasa tanggal 15 November 2016 yang dilaksanakan di kantor Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Cileunyi Kabupaten Bandung. Rapat dipimpin langsung Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga didampingi oleh Sekretaris Badan Litbang Bernaldy serta Para Kepala Pusat Litbang. Peserta rapat kordinasi merupakan perwakilan setiap bidang maupun balai dari Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Pusat Litbang Sumber Daya Air, dan Pusat Litbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi.

Rapat Kordinasi Berkala dibulan ini membahas progres ditahun 2016 maupun rencana kerja tahun 2017 mendatang. Setiap Pusat Litbang menjelaskan progres yang sudah dilakukan. Untuk Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, pada tahun ini telah melakukan Rumah Susun Menjadi Topik Rakorla Balitbang PUPR (2)penerapan teknologi Air Minum dan Air Limbah di Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung tepatnya di Rusun Muarabaru dengan sumber air dari Waduk Pluit. Kedepannya di Rusun tersebut akan dibuat Taman Sanitasi. “Tahun depan, teknologi terapan terkait Pengolahan Air Minum dan Air Limbah akan diaplikasikan oleh Direktorat Rumah Susun,” ungkap Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Arief Sabaruddin.

Selain itu, Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman juga menjelaskan terkait Penerapan Hunian Modular dengan Sistem Pabrikasi serta Pengembangan Bahan Bangunan Berbasis Limbah. Tak ketinggalan pula penjelasan terkait Peta Gempa Nasional 2016 yang tengah diperbaharui dan pembentukan Pusat Studi Gempa Bumi Nasional.

Di akhir rapat, Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengingatkan terkait prioritas Badan Litbang Kementerian PUPR. “Banyak yang harus dipikirkan tetapi fokus pada prioritas. Di dalam satu tahun kita tidak bisa mengerjakan semuanya. Kita harus mendukung program 100-0-100 dan program Satu Juta Rumah. Perlu diketahui Rumah Susun memiliki porsi 550 ribu dari program Satu Juta Rumah”.

Leave a Reply