Pelaksanaan Prepcom 3 UN Habitat di Surabaya

//
Comments2

Pelaksanaan Prepcom 3 UN Habitat di SurabayaKonferensi internasional Prepcom 3 (Preparatory Committee) yang dilaksanakan oleh UN Habitat (PBB untuk Permukiman) di Grand City Kota Surabaya pada tanggal 25 hingga 27 Juli 2016 lalu mendapatkan sambutan yang luar biasa baik dari dalam maupun luar negeri. Hal itu dapat dilihat dari jumlah peserta konferensi yang mencapai 4.500 orang.

Konferensi internasional Prepcom 3 dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla. Di dampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Direktur Eksekutif UN Habitat Joan Clos, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Pelaksanaan Prepcom 3 UN Habitat di Surabaya

Saat memberikan sambutan, Jusuf Kalla mengatakan bahwa perumahan dan permukiman merupakan masalah kita semua, masalah dunia. “50 tahun yang lalu 30% penduduk dunia tinggal di perkotaan, 70% sisanya tinggal di pedesaan. Dewasa ini, mayoritas penduduk dunia hidup di perkotaan. Bertambahnya penduduk kota merupakan suatu hal yang pasti. Hal itu menjadi tantangan tersendiri,” ungkap Jusuf Kalla. “Kehadiran kita di kota Surabaya merupakan bagian yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat dunia. Hanya dengan bekerjasama kita bisa mengatasinya,” tambahnya.

Selaras dengan Jusuf Kalla, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa urbanisasi tidak bisa dihindari. “Saat ini urbanisasi tidak bisa hanya dipandang perpindahan orang dari desa ke kota tetapi juga desa yang tumbuh menjadi kota. Jika pembangunan desa berhasil maka desa akan menjadi kota. Orang desa tidak perlu lagi pindah ke kota. Namun jika tidak berhasil, jelas orang desa akan pergi ke kota,” tambahnya.

Pelaksanaan Prepcom 3 UN Habitat di Surabaya

Selain konferensi internasional, terdapat pula pameran – pameran dari berbagai delegasi UN Habitat maupun Pemerintah Indonesia yang meliputi Kementerian PUPR, Pariwisata, Universitas, hingga Organisasi terkait.

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian PUPR pun turut berpartisipasi mendukung pelaksanaan Prepcom III UN Habitat dengan membuka pameran maupun parallel event bekerja sama dengan Regional Center for Community Empowerment on Housing and Urban Development (RC-CEHUD).

Pelaksanaan Prepcom 3 UN Habitat di Surabaya

2 Responses

  1. Perasaan sangat senang saat pelaksanaan The Third Session Of The Preparatory Committe For Habitat III (Prepcom) selama 25-27 Juli di Convex Grand City Surabaya, diakui Executive Director of the United Nations Human Settlements

Leave a Reply