Seminar Nasional MAPEKI XII

//
Comment0

Pada tanggal 23-25 Juli 2009 bertempat di Kampus Pusat Litbang Permukiman, Jl. Panyaungan Cileunyi Wetan Kabupaten Bandung telah diadakan seminar nasional Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia (MAPEKI) yang ke XII. Tema seminar nasional kali ini adalah “Rasionalisasi pemanfaatan kayu dan produk hutan lainnya dalam pembangunan guna mendukung upaya mitigasi dan adaptasi terhadap pemanasan global”.

Adapun latar belakang diadakannya seminar nasional ini adalah dalam kegiatan pembangunan khususnya pembangunan gedung dan perumahan berbagai jenis bahan bangunan telah berkembang dengan pesat baik berbahan dasar bahan baku organik maupun anorganik serta komposit. Kayu dan produk hasil hutan lainnya merupakan bahan bangunan yang masih banyak digunakan dalam pembangunan gedung dan perumahan meskipun berbagai bahan bangunan alternatif telah banyak dikembangkan. Hal tersebut terjadi selain karena kayu dan produk hasil hutan lainnya seperti bambu berasal dari sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dan mudah dikerjakan juga telah lama dikenal masyarakat. Sebagai institusi litbang di bawah Departemen Pekerjaan Umum dengan lingkup kerja maslaah infrastruktur perumahan dan permukiman, maka Pusat Litbang Permukiman memiliki komitmen untuk mengembangkan teknologi pemanfaatan kayu dan produk hasil hutan lainnya yang dapat memberikan alternatif penyediaan bahan bangunan yang memenuhi syarat teknis dan terjangkau untuk dipergunakan dalam memenuhi kebutuhan rumah yang terus meningkat. Di sisi lain, Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia (MAPEKI) yang didirikan pada tahun 1996 di Bogor telah mengadakan sebelas kali rangkaian seminar nasional yang dilakukan secara bergiliran di berbagai wilayah tanah air. Anggota MAPEKI berasal dari berbagai lembaga litbang, perguruan tinggi, kalangan industri dan swasta terkait.

Maksud seminar nasional ini adalah menyediakan wadah bagi para peneliti kayu dan produk hasil hutan lainnya untuk saling bertukar informasi dan teknologi terkini. Sedangkan tujuan dari seminar ini adalah untuk memperoleh rekomendasi tentang upaya sinergis dalam pemanfaatan kayu dan produk hutan lainnya khususnya terkait dalam pembangunan perumahan dan permukiman.

Pembicara seminar nasional MAPEKI XII kali ini adalah penentu kebijakan dari berbagai departemen dan lembaga Pemerintah terkait, asosiasi, praktisi dan pakar di bidang yang terkait dengan pemanfaatan kayu dan hasil hutan non kayu lainnya. Para peneliti dari berbagai lembaga litbang departemen, perguruan tinggi, industri dan swasta diberikan kesempatan untuk menyampaikan produk-produk ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhirnya.

Leave a Reply