Sinkronisasi Program Litbang dan Penerapan Teknologi TA 2019

//
Comment0

Dalam rangka sinkronisasi penyusunan program Litbang TA.2019, Puslitbang Kebijakan dan Penerapan Teknologi (PusKPT) melakukan roadshow ke Puslitbang Sumber Daya Air, Puslitbang Jalan dan Jembatan, dan Puslitbang Perumahan dan Permukiman yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 29 Juni, dan 2 Juli 2018 di Bandung.

Kamis (28/06) Sinkronisasi/Roadshow pertama dilakukan di Puslitbang Perumahan dan Permukiman Cileunyi, Kabupaten Bandung. Rapat dipimpin oleh Kepala Bagian Program dan Evaluasi Puslitbang KPT selaku wakil dari Kepala Puslitbang KPT dan dibuka oleh Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman. Rapat ini dihadiri oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Evaluasi Sekretariat Balitbang, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang Perumahan dan Permukiman, dan para Kepala Balai di lingkungan Puslitbang Perumahan dan Permukiman. Dari Puslitbang KPT hadir perwakilan dari Bidang Kajian Kebijakan dan Kerjasama, perwakilan Bidang Sumber Daya Kelitbangan, dan perwakilan dari Balai-balai Litbang Penerapan Teknologi serta para peneliti terkait.

Agenda rapat yaitu : 1) Pembahasan teknologi Litbang masing-masing Puslitbang Teknis untuk Forum Bisnis Tahun 2018-2019; 2) Pembahasan teknologi masing-masing Puslitbang Teknis untuk Replikasi Perdana Tahun 2019-2020; 3) Pembahasan teknologi Litbang masing-masing Puslitbang Teknis yang siap diterapkan oleh UNOR Tahun 2019-2020.

Secara umum, hasil Sinkronisasi Penyusunan Program Litbang masing-masing Puslitbang Teknis dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Produk litbang belum banyak dikenal oleh Ditjen sehingga menjadi tugas Puslitbang KPT untuk mendorong promosi dan pemasaran hasil litbang, 2) untuk kegiatan Kesiapterapan/Replikasi Perdana/Forum Bisnis, persyaratan dokumen teknis (6 dokumen) wajib dipenuhi. 3) Prioritas penyusunan SPM yang melengkapi teknologi agar mudah diterapkan perlu diprogramkan di Puslitbang Teknis, 4) Mekanisme Forum Bisnis 2018 akan disempurnakan dengan menjaring terlebih dahulu isu strategis dan program Ditjen/UNOR, 5) Hasil akhir yang ditunggu dari Replikasi Perdana adalah kebijakan mendukung penerapan teknologi. 6) Puslitbang KPT perlu mendorong kebijakan terkait skema pembiayaan perumahan dan skema penyediaan perumahan, model kebijakan pemberian bantuan pemerintah kepada pengembang yang tepat sasaran, 7) Puslitbang KPT perlu koordinasi lebih intensif dengan UNOR untuk menggali isu dan kebutuhan teknologi untuk selanjutnya menjembatani dengan Puslitbang Teknis.

Adapun tindaklanjut dari hasil roadshow Puslitbang Teknis: 1) Perlu disusun kriteria untuk teknologi kesiapterapan, replikasi perdana, forum bisnis dan teknologi yang akan ditawarkan kepada UNOR, 2) Perlu koordinasi lebih lanjut dengan Puslitbang Perkim dan Puslitbang Jatan untuk menyepakati teknologi yang akan di-Forum Bisnis-kan tahun 2019 dan 2020. (PusKPT)

Leave a Reply