Solusi Membangun Rumah Cepat dan Terjangkau

//
Comment0

Kebutuhan rumah nasional pada tahun 2015 telah mencapai 820.000 unit pertahun dengan backlog perumahan mencapai 12,5 juta unit hingga tahun 2014. Masalah utama yang dihadapi dari tahun ke tahun adalah terjadinya gap yang semakin jauh antara peningkatan kebutuhan rumah dibandingkan dengan kemampuan penyediaan rumah layak huni. Diperlukan mekanisme percepatan penyediaan perumahan yang dapat dilaksanakan bila penyediaan perumahan dilakukan secara massal melalui pabrikasi.

Agar biaya investasi komponen – komponen bangunan lebih efisien, untuk melaksanakan pabrikasi diperlukan ukuran yang modular. Ukuran modular digunakan untuk berbagai macam disain dan sistem struktur bangunan rumah berbasis beton pracetak, berbagai sistem sambungan, serta bentuk komponen balok maupun kolom. Keuntungan modular adalah percepatan pembangunan pekerjaan konstruksi mencapai 90% dibandingkan dengan membangun secara konvensional. Selain itu, efisien mengurangi sisa material yang terbuang dan fleksibilitas disain dan multifungsi. Teknologi ini menjadi solusi bangunan sederhana massal yang selama ini dikeluhkan masalah kualitas bangunan khususnya untuk konstruksi bangunan rumah tahan gempa.Ruspin

Kementerian PUPR melalui Badan Litbang Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman mengeluarkan produk RUSPIN (Rumah Sistem Panel Instan). Produk ini merupakan teknologi rangka rumah pracetak dengan menggunakan sistem sambungan dengan baut. Ruspin merupakan pengembangan teknologi RISHA. Teknologi ini cocok diterapkan hampir diseluruh wilayah di Indonesia khususnya daerah rawan gempa.

Ruspin telah diterapkan di beberapa daerah diantaranya pada program bedah rumah yang dikerjakan bersama Pemerintah Kota Denpasar di Provinsi Bali.  (Rusli, Rudi Setiaji dilansir dari Majalah Dinamika Riset)

Leave a Reply