SOP Layanan Satu Atap

SOP PELAYANAN TERPADU SATU ATAP PUSAT LITBANG PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN

SOPSatuAtap

TAHAPAN PELAKSANAAN PELAYANAN TERPADU SATU ATAP
PUSAT LITBANG PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN

1. Publik (Pemohon Informasi) datang berkunjung ke Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

2. Pemohon Informasi diterima oleh Keamanan (Satpam), dilakukan pemeriksaan terkait tujuan, serta meminta pemohon untuk mengisi form & membawa kuesioner untuk diisi setelah proses kunjungan berakhir. Setelah itu keamanan menganalisa permohonan, yaitu :

a). Jika terkait Pelayanan Pengujian Laboratorium, Sertifikasi dan Advis Teknis akan diarahkan ke ruang PULSA (sesuai dengan SOP PULSA)
b). Jika terkait pelayanan informasi umum diarahkan ke ruangan Pelayanan Informasi Umum.
c). Namun jika permohonan tidak bisa diproses, pemohon dipersilahkan untuk meninggalkan kantor Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman.

a). PELAYANAN PINTU (INFORMASI UMUM)

1. Keamanan mengantar pemohon ke ruangan Pelayanan Pintu.
2. Petugas Pintu menerima dan mencatat permohonan untuk proses lebih lanjut. Setelah itu pemohon dipersilahkan untuk mengisi kuesioner dan pulang.
3. Petugas Pintu menyiapkan konsep surat tanggapan permohonan. Setelah disetujui/diparaf Kasubbag Umum, konsep disampaikan ke Kepala Bagian Keuangan dan Umum (KU).
4. Kepala Bagian KU menyaring dan mengoreksi permohonan. Jika layanan yang diperlukan pemohon termasuk dalam kategori Daftar Informasi Publik Bebas, maka Kabag KU memberikan disposisi nota dinas kepada Kepala Bidang/Balai untuk memberikan layanan secara langsung. Jika layanan yang diperlukan termasuk dalam kategori Daftar Informasi yang dikecualikan (DIK) dan Daftar Informasi Publik Khusus (DIP-K), pemohon diminta untuk memenuhi persyaratan yang diperlukan. Jika persyaratan sudah dipenuhi, permohonan diteruskan ke Kapuslitbangkim untuk dimintakan disposisi pelayanannya. Kapuslitbang memberikan disposisi kepada Bidang/Balai yang ditunjuk. Selanjutnya Bagian/Bidang/Balai yang ditunjuk memproses permohonan dan menyampaikan hasilnya kepada petugas Pintu untuk disampaikan kepada pemohon. Apabila persyaratan tidak dipenuhi pemohon, maka Kabag KU menginstruksikan petugas Pintu untuk memberikan informasi penolakan layanan kepada pemohon.
5. Petugas Pelayanan Informasi menyampaikan surat tanggapan (informasi layanan) kepada pemohon disertai tanda terima.
6. Petugas Pelayanan Informasi kemudian mengumpulkan database permohonan untuk dijadikan laporan sebagai bentuk dokumentasi.

b). PELAYANAN PULSA
1. Keamanan mengantar pemohon ke petugas PULSA.
2. Petugas Pulsa menyeleksi jenis layanan yang diinginkan pemohon (uji lab, sertifikasi, advis teknis), dan meneruskannya ke pada Balai/Bidang/Bagian yang menangani. Balai/Bidang/Bagian yang menangani selanjutnya memroses layanan yang diperlukan dengan mengacu pada SOP ISO 17025 untuk uji laboratorium atau ISO 17020 untuk setifikasi produk.
3. Jika sudah selesai, Balai/Bidang/Bagian yang menangani membuat laporan hasil PULSA, yang selanjutnya diserahkan ke petugas PULSA.
4. Laporan PULSA dimintakan pengesahannya oleh petugas PULSA kepada.
5. Petugas PULSA mengirim Laporan PULSA ke pada pemohon yang disertai bukti pengiriman.