Sosialisasi dan Alih Teknologi Pengembangan Bahan Bangunan dari Material Vulkanik Gunung Sinabung

//
Comment0

Balai Litbang Perumahan I Medan mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Alih Teknologi Pemanfaatan Material Vulkanik Gunung Sinabung sebagai Bahan Bangunan Berbasis Semen. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24 – 25 Oktober 2018 di Kabanjahe Kabupaten Karo. Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan kegiatan litbang Bahan Bangunan Berbasis Semen dari material Vulkanik Gunung Sinabung T.A 2018. Peserta yang hadir terdiri dari kalangan Dinas Kabupaten Karo, serta jajaran Kecamatan dan Desa yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung seperti Kecamatan Berastagi, Kecamatan Payung, dan Kecamatan Tiganderket.Sosialisasi dan alih teknologi (2)

Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari ini bertujuan untuk mensosialisasikan pemanfaatan material vulkanik Gunung Sinabung sebagai bahan bangunan berbasis semen sekaligus alih teknologi berupa pelatihan untuk pembuatannya. Hari pertama dilaksanakan sosialisasi berupa pemaparan narasumber dari Dinas Perkim Kab. Karo tentang prospek bahan bangunan dari material vulkanik Gunung Sinabung untuk pembangunan di Kabupaten Karo. Dilanjutkan oleh narasumber dari Puslitbang Perumahan dan Permukiman yaitu Lasino dan Bambang Sugiharto mengenai pemanfaatan material vulkanik Gunung Sinabung untuk bahan bangunan, serta aspek ekonomi dari produksi komponen bangunan berbasis material vulkanik Gunung Sinabung.

Hari kedua dilaksanakan alih teknologi berupa pelatihan pembuatan komponen bangunan seperti conblock  dan paving block, sehingga peserta dapat secara langsung melakukan pembuatan komponen bangunan tersebut. Kegiatan ditutup oleh Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmana. Sebelum menutup acara, beliau menyampaikan komitmennya akan mereplikasi model teknologi yang telah diterapkan Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan pada daerah yang terdampak erupsi Gunung Sinabung dengan menggunakan dana desa. (Dany/Putri)

Leave a Reply