Sosialisasi Model Pengelolaan Sampah Terpadu pada Permukiman Nelayan

//
Comment0

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan Sosialisasi Model pengelolaan sampah terpadu dengan sistem energi terbarukan pada permukiman nelayan  pada tanggal hari Rabu11 Oktober 2017 di Hotel Grand Mutiara Pangandaran.

Sosilisasi ini merupakan salah satu rangkaian dari penerapan model pengelolaan sampah oleh Pusat Litbang Perumahan Permukiman Kementerian PUPR yang berlamatkan di Cileunyi Bandung pada tahun 2016 yang lalu di Dusun Bojong Karekes RW 16 Desa Babakan Kabupaten Pangandaran. Sedangkan uji kinerja dan penyempurnaan model dilaksanakan pada tahun 2017 ini.

Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Lingkingan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Suryadarma. Dalam sambutannya, pihak Kabupaten Pangandaran menyambut baik adanya model pengelolaan sampah ini dan akan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Materi yang akan disampaikan oleh para narasumber mencakup Model Pengelolaan Sampah (Lya Meilani – Puskim PUPR), Pengelolaan Sampah Plastik dan Pembuatan Briket (Zuhdi A Kasim – ITB), dan Pengelolaan Sampah Organik dengan Biodigester dan Hidroponik (Tuti Kustiasih – Puskim).Sosialisasi Sampah Pangandaran (2)

Peserta yang hadir pada acara ini berjumlah 60 orang, terdiri dari Instansi Pemerintah daerah kabupaten Pangandaran, perangkat desa Babakan serta warga masyarakat di Dusun Bojong Karekes yang berdekatan langsung dengan lokasi model yang diterapkan.

Selain pemberian materi di kelas, juga dilaksanakan praktek pengomposan, pembuatan biodegester serta briket di lokasi penerapan model pengelolaan sampah di desa Babakan Kabupaten Pangandaran. (Sunarjito)

Leave a Reply