Sosialisasi Pengolahan Data Menggunakan Program SPSS Untuk SDM Jafung Dan Staf Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan

//
Comment1

Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan mengadakan Sosialisasi terkait Pengolahan Data menggunakan Program SPSS (Statistical Product And Service Solution) untuk Sumber Daya Manusia Jabatan Fungsional (Jafung) dan Staff yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2017 di Balai Litbang Perumahan Wilayah I Medan.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembekalan kepada para Jafung dan Staff terkait di dalam p20170109_145634embuatan instrumen penelitian seperti metode, penentuan populasi, dan sampel sesuai kaidah dasar statistik, dengan tujuan untuk memperlancar pelaksanaan survei lapangan dan mempermudah pengolahan data. Narasumber dalam sosialisasi ini merupakan Dosen Universitas Methodist Indonesia Medan, Ramli Lubis. Sosialisasi ini sebelumnya telah dilaksanakan 8 kali di bulan Januari dengan finalisasi di tanggal 31 Januari 2017.

Telah diketahui bahwa kualitas hasil riset tidak hanya dilihat dari hasil akhir riset saja, akan tetapi tergantung dari SDM Jafung yang mengolah, terdiri dari 3 faktor utama yaitu IPO (Input, Proses dan Output). Kualitas penelitian yang baik memenuhi beberapa kriteria diantaranya memiliki tujuan jelas serta berdasarkan pada permasalahan yang tepat, menggunakan landasan teori yang tepat dari metode penelitian yang cermat dan teliti, mengembangkan hipotesis yang dapat diuji, dapat didukung (diulang) dengan menggunakan riset-riset yang lain sehingga dapat diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya, memiliki tingkat ketepatan dan kepercayaan yang tinggi, bersifat obyektif artinya kesimpulan yang ditarik harus benar-benar berdasarkan data yang diperoleh dilapangan dan dapat digeneralisasikan artinya hasil penelitian dapat diterapkan pada lingkup yang lebih luas. (Agus Sarwono/Putri Maharani).

1 Response

Leave a Reply