Sosialisasi UAV dan Pengolahan Data Foto Udara

//
Comment0

Pelatihan UAVUAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau lebih dikenal DRONE (Dynamic Remotely Operated Navigation Equipment) merupakan wahana terbang yang dioperasikan secara otomatis dengan komputer atau pilot dengan remote control. Teknologi UAV dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah terutama dalam hal foto udara. Hal itulah yang melatarbelakangi Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mengadakan Sosialisasi UAV dan Pengolahan Data Foto Udara.

Sosialisasi UAV yang diselenggarakan pada tanggal 20 – 24 Juni 2016 bertujuan untuk memperkenalkan teknologi UAV kepada Balai – Balai yang ada di Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Teknologi UAV dapat membantu menjangkau lokasi yang tidak bisa dipantau secara langsung oleh manusia. Contohnya pemantauan reruntuhan pada lokasi gempa. Jika manusia yang datang secara langsung akan memiliki resiko tinggi, bahkan terdapat tempat yang tidak bisa dijangkau. UAV membantu menjangkau lokasi tersebut sesuai dengan arahan dari pengendali. Selain itu, teknologi UAV juga bermanfaat dalam bidang inspeksi, fotografi dan videografi, penelitian, logistik, pemetaan udara, pemantauan kawasan serta SAR (Search And Rescue).

Cara kerja UAV menarik, tidak serumit yang terlihat. Apalagi jika sudah menjadi hobi,” ungkap Taufikurahman, Narasumber Sosialisasi UAV. “Namun yang lebih penting adalah hasil dari teknologi ini bermanfaat untuk kehidupan manusia,” tambahnya.

Sosialisasi UAV terbagi menjadi tiga sesi yaitu pemaparan materi oleh narasumber, praktek, dan pengolahan data. Sosialisasi ini diharapkan mampu mendukung aktivitas Balai – Balai Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman menjadi lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply