Studi Banding Pengelolaan Sampah Berbasis 3R

//
Comment0
Bandung Pada hari Selasa, tanggal 18 September 2012 Direktorat Jenderal Cipta Karya Satuan Kerja PPLP Jawa Barat berkunjung ke Pusat Litbang Permukiman dalam rangka mendukung Gerakan Budaya Bersih Nasional yang telah dicanangkan Presiden Republik Indonesia dan memperhatikan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 12/SE/M/2011 perihal Gerakan Budaya Bersih, yang akan diawali dengan percontohan pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.
Pusat Litbang Permukiman menjadi lokasi dan narasumber studi banding pengelolaan sampah berbasis 3R untuk meningkatkan pembekalan kepada unit kerja perkantoran dan kelompok masyarakat perumahan PU. Adapun peserta studi banding sebanyak ±38 orang, terdiri atas:
  1. Pusat Litbang Sumber Daya Air
  2. Pusat Litbang Jalan dan Jembatan
  3. Balai Besar Wilayah Sungai Citarum
  4. Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat
  5. Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat
  6. Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat
  7. Perumahan Puslitbangkim
  8. Perumahan PU Pengairan
  9. Perumahan Puslitbang Jalan dan Jembatan
  10. Perumahan Sapta Taruna PU
  11. Satuan Kerja PPLP Jawa Barat
  12. Konsultan Pendamping Program Indonesia Bersih

Kunjungan disambut oleh Kepala Pusat Litbang Permukiman, Dr. Ir. Anita Firmanti, MT, dilanjutkan dengan paparan mengenai Pengelolaan Sampah Berbasis 3R oleh Ir. Lya Meilani, MT serta paparan mengenai sanira (Sampah Nir Racun) oleh Edi Supendi, BE. Kemudian acara dilanjutkan dengan berkunjung ke Balai Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman serta ke Pusat Daur Ulang Sampah Perkantoran di lingkungan Pusat Litbang Permukiman.

 

DSC_3138_puskim DSC_3113_puskim DSC_3109_puskim DSC_3108_puskim DSC_3106_puskim DSC_3098_puskim DSC_3096_puskim

Leave a Reply