Talkshow RRI Pro 3 Terkait Permukiman Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

//
Comments3

Talkshow RRI Pro 3 Terkait Permukiman Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam  talkshow radio RRI Pro 3 Jakarta pada hari selasa 30 agustus 2016 dengan topik Permukiman Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan. Terdapat dua orang narasumber pada talkshow kali ini, yaitu Kepala Litbang Balai Tata Bangunan dan Lingkungan Arvi Argyantoro dan Jurnalis Rubrik Perumahan Harian Investor Daily Imam Muzakir.

Diketahui saat ini bahwa eco building menjadi salah satu tren yang mengusung para arsitek untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Untuk menciptakan suatu permukiman yang berkelanjutan serta berwawasan lingkungan diperlukan suatu perencanaan yang matang, berorientasi kepada rendahnya emisi karbon dan konsumsi energi.

Sebelum berbicara lebih jauh terkait permukiman berwawasan lingkungan, diwajibkan untuk tahu perbedaan antara perumahan dan permukiman. “Permukiman dan perumahan memiliki arti yang berbeda. Perumahan hanya sebatas rumah tetapi permukiman jauh lebih luas. Permukiman merupakan hunian yang terdiri dari rumah maupun fasilitas pendukung seperti sekolah, pasar, hingga tempat kerja”, ungkap Kepala Litbang Balai Tata Bangunan dan Lingkungan.

Talkshow RRI Pro 3 Terkait Permukiman Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman turut serta mendukung program sejuta rumah. Teknologi Litbang yang dihasilkan dapat membantu percepatan program tersebut. Hal senada juga dikemukakan oleh Jurnalis rubrik Perumahan, Imam Muzakir. “Program sejuta rumah mampu dikejar dengan bantuan dari Pusat Litbang yang ada di Kementerian PUPR terutama Pusat Litbang Perumahan dan Lingkungan”.

Selengkapnya bisa didengarkan di Talkshow RRI Pro 3 Jakarta    

3 Responses

Leave a Reply