WORKSHOP SISTEM KONSTRUKSI RISHA BAGI APLIKATOR RISHA

//
Comments10

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman telah  melakukan berbagai penelitian di bidang teknologi perumahan dan permukiman. Berbagai produk keluarannya banyak dimanfaatkan dalam kegiatan pembangunan, baik yang dilakukan oleh pemerintah, swasta, maupun masyarakat luas. Tugas lembaga litbang satu diantaranya adalah menyebarluaskan teknologi hasil kegiatan litbang tersebut kepada para pemangku kepentingan terkait, baik instansi pemerintah pusat, daerah (provinsi, kabupaten/kota), perusahaan, perguruan tinggi, dan masyarakat dalam suatu wadah berbentuk diseminasi dan sosialisasi. 

DSC_0300

Ir. Lutfi Faizal menyampaikan sambutan pembukaan  workshop  Sistem Konstruksi RISHA 

Salah satu inovasi teknologi konstruksi yang dikembangkan yaitu Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Disain konstruksinya mengacu pada rancangan konstruksi bangunan rumah tinggal sistem bongkar pasang (knock down) dengan komponen-komponen yang dibuat secara pabrikasi. Dalam rangka memberikan pemahaman dan keterampilan teknologi konstruksi RISHA agar dapat teraplikasi sesuai dengan standard dan mutu yang telah ditetapkan, termasuk pengendalian mutunya baik sebelum, selama, maupun setelah pelaksanaan konstruksi sistem RISHA berlangsung, serta dalam rangka menyebarluaskan/alih teknologi produk litbang, maka diselenggarakan Workshop Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Sistem Konstruksi RISHA Bagi Calon Aplikator dan Aplikator RISHA pada tanggal 21-24 Maret 2016 bertempat di Kampus Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman. Peserta alih teknologi ini adalah para mitra kerjasama perusahaan calon aplikator dan aplikator RISHA, terdiri dari 1 (satu) orang mandor dan 1 (satu) orang tukang.

DSC_0296

 

Para peserta Aplikator RISHA dari seluruh Indonesia 

 

Materi  yang diberikan pada workshop yaitu : Pengenalan Teknologi Sistem RISHA, Teori Bahan Bangunan Konstruksi Sistem RISHA, Pembuatan Panel Struktur RISHA, Perakitan RISHA, Pengendalian Mutu Sistem RISHA,serta Praktek Perakitan Komponen RISHA. Para narasumbernya adalah : Prof. DR. Ir. Arief Sabaruddin, CES. / Ir. Johny FS Subrata, MA., Ir. Lutfi Faizal, Ir. Agus Sarwono, MM, Lasino, ST. APU., Ir. Sutadji Yuwasdiki, Dipl. E. Eng., Ir. Johnny Rakhman, Dipl. E. Eng., Moh. Edi Nur, ST., Rusli, ST. MT., Ir. Nana Pudjasukmana, MM., Dany Cahyadi, ST. MT., dan Yoga Megantara, ST.   ( agus heriyanto / ros dharmawati )

DSC_0316

 

Narasumber Ir. Johny FS Subrata, MA 

 

 

DSC_0333

Narasumber  Lasino, ST. APU

 

DSC_0338

Narasumbrt  Ir. Nana Pudjasukmana, MM

10 Responses

  1. Frisky Kusuma Asw

    Mohon informasi persyaratan sebagai Aplikator RISHA dan bagaimana prosedurnya untuk mendapatkan bimbingan teknis ?

  2. Mohon kiranya work shop seperti ini supaya dapat dilakukan di makassar..agar kami di bagian Indonesia Timur juga lebih mudah mengakses work shop tersebut. Terima kasih…

  3. Triyoso

    Assalamualaikum. Nama saya Yoso penerima bantuan RISHA di kampung Deret petogogan. Kebayoran baru. Jakarta Selatan dan saya Ex Rt: 08 Rw: 05. Saya ucapkan TERIMA KASIH. Saya tahu dan bisa pemasangan panel RISHA Krna saya pernah ikut pelatihan pasang panel RISHA, Di kampung deret.
    Saya ingin sekali menjadi aplikaktor perorangan RISHA. Mohon dengan sangat jika ada pelatih perorangan . Saya bisa di undang dan ikut pelatihan Resmi dari PU. Bisa hubungin No Hp: 081298022939. Tri3yoso@gmail. com.
    Terima kasih

    1. Aplikator di Pulau Sumatra untuk saat ini hanya tersedia di Prov. Nanggroe Aceh Darussalam (Jirji Naskaputra : 0812 6917 7661; Amrullah : 0813 6153 0245) dan Prov. Sumatra Barat (Ibu Sin Jung Eun : 0813 2168 5670)

      informasi Aplikator lainnya dapat dilihat di lampiran berikut : Aplikator RISHA

      terimakasih

  4. Asep rahmat subakti

    Bagai mana caranya menjadi aplikator risha?
    Saya ingin menjadi aplikator risha yang dapat menyerap tenaga kerja
    Jika ada pelatihan mohon dapat menghubungi saya di 081210009888 Asep-Bekasi

    Terima kasih

Leave a Reply